Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Airbus Resmi Jadi Anggota ACT FOR SKY di Jepang, Dukung Penggunaan Bahan Bakar Berkelanjutan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Airbus telah menjadi anggota  ACT FOR SKY di Jepang, sebuah organisasi yang anggotanya bergabung secara sukarela dan bergerak untuk mengomersialkan, mempromosikan, dan memperluas penggunaan bahan bakar penerbangan berkelanjutan atau sustainable aviation fuel (SAF) yang diproduksi secara lokal.

Airbus akan mendukung mitra ACT FOR SKY. Caranya, menyediakan informasi teknis dan bekerja sama dalam kegiatan penelitian serta teknologi SAF.

Airbus bersama-sama melakukan penerbangan helikopter pertama di Jepang yang ditenagai oleh SAF dengan operator Nakanihon Air di Bandara Nagoya pada pertengahan 2022. Melanjutkan pencapaian ini, Airbus telah menggunakan SAF produksi lokal untuk penerbangan uji coba helikopter yang dilakukan di fasilitas Bandara Kobe, Jepang.

Baca juga: Airbus Sebut, Penerbangan Berperan Penting bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Airbus juga akan menggunakan SAF pada pesawat Airbus Beluga yang bertugas mengangkut helikopter atau suku cadang pesawat berukuran besar. Dengan bergabung ke ACT FOR SKY, Airbus berupaya mendukung pembentukan rantai pasokan SAF Jepang yang andal.

“Kami berkomitmen untuk mendukung SAF sebagai faktor utama dalam mengurangi emisi CO2 sebagai bagian dari peta jalan  dekarbonisasi industri penerbangan menuju nol emisi CO2 pada tahun 2050,” ujar Stéphane Ginoux, Senior Vice President, Head of North Asia Region Airbus dan Presiden Airbus Japan, Senin (2/10). 

Semua pesawat Airbus, termasuk pesawat militer dan helikopter, mampu terbang dengan campuran SAF hingga 50%.

“Misi kami adalah menjadikan seluruh portofolio produk kami mampu terbang dengan 100% SAF pada tahun 2030, dan berperan sebagai katalisator dalam mempersiapkan ekosistem terkait agar siap menghadapi tingkat penerapan SAF secara global di angka 10% pada tahun 2030,” terang Stephane.

ACT FOR SKY dengan “ACT” merepresentasikan kerja sama dan kolaborasi perusahaan-perusahaan besar Jepang yang berkomitmen melakukan gerakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan perusahaan akan pentingnya SAF, konsep karbon netral, dan mewujudkan ekonomi sirkular.

ACT FOR SKY didirikan oleh 16 perusahaan Jepang pada bulan Maret 2022. Dan saat ini terdiri dari 31 perusahaan termasuk Airbus. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER