Sabtu, 20 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub dan Telkomsel Pantau Pergerakan Masyakarat Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023-2024

BACA JUGA


FinTechnesia.com | Telkomsel berkolaborasi dengan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan memberikan layanan insight (data solutions) berbasis survei digital tSurvey.id dan Mobility Insight Telkomsel. Kerjasama ini untuk menghitung dan menganalisa pergerakan lalu lintas pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Vice President Data Solutions Telkomsel, Alfian Manullang mengatakan, layanan data solutions yang dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan budaya pengambilan keputusan berbasis data yang well-informed, menuju data-driven nation. Dengan memanfaatkan teknologi terkini, kami berkomitmen untuk terus mendukung setiap organisasi dan individu untuk dapat melakukan transformasi digital dengan pemanfaatan Telco Data insight yang andal dan akurat. 

“Langkah kerja sama ini menjadi bentuk nyata semangat Telkomsel dalam menggerakan kemajuan dengan mendukung pemerintah untuk pengembangan dan penyempurnaan tata kelola lalu lintas ataupun kebijakan lainnya yang berkaitan dengan mobilitas dan transportasi di kementerian perhubungan,” terang Alfian, Senin (15/1).

Kepala Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Robby Kurniawan menambahkan, kolaborasi ini membuka peluang baru dalam memahami dinamika transportasi dan mobilitas masyarakat secara lebih holistik, yang sangat penting dalam menyusun kebijakan yang efektif dan adaptif. 

Insight data yang diperoleh dari pemanfaatan layanan tSurvey.id dan Mobility Insight akan menjadi kontribusi berharga bagi Kementerian Perhubungan dalam merancang strategi transportasi yang lebih efisien dan berkelanjutan. “Kami percaya bahwa kerja sama ini dapat membantu mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas layanan transportasi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia,” lanjut Robby.

Baca juga: Telkomsel Prediksi Lonjakan Trafik Broadband Natal dan Tahun Baru Mencapai 13%

Didukung oleh pemanfaatan solusi tSurvey.id dan Mobility Insight, Badan Transportasi Kementerian Perhubungan RI bersama Telkomsel selama periode 16 Desember 2023 sampai dengan 1 Januari 2024, mencatatkan terdapat 126 juta perjalanan mobilisasi masyarakat ke luar provinsi dan di dalam provinsi. 

Selain itu, berdasarkan data Badan Transportasi Kementerian Perhubungan, total jumlah penumpang yang menggunakan moda angkutan umum meningkat sebesar 21% dibandingkan dengan Nataru tahun lalu.

Kemudian jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol yang keluar Jabodetabek tumbuh sebanyak 10,9%. Sedangkan jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol yang masuk Jabodetabek mengalami peningkatan sebanyak 11,11%.

Solusi Mobility Insight Telkomsel dapat membantu korporasi maupun pemerintah dalam menganalisis pergerakan penduduk dan demografi melalui pemanfaatan big data analytics dari telco data insight untuk membantu pengambilan keputusan dan pengembangan kebijakan dengan lebih efektif dan tepat sasaran.

Sejak tahun 2018, solusi Mobility Insight telah mampu mengatasi serta melayani permintaan layanan dari pelanggan korporasi dan pemerintahanterkait pergerakan masyarakat yang berguna untuk mendukung keputusan statistik di sektor transportasi, pariwisata, advertisingretailerproperty/land.

Sedangkan layanan tSurvey.id yang merupakan platform survei digital Telkomsel, menawarkan solusi data insight bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER