Tantangan Bisnis Online di Balik Akselerasi Digital

18

FinTechnesia.com |Mekari sebagai perusahaan Software as a Service, melalui produknya Jurnal sebagai aplikasi akuntansi dan keuangan berbasis cloud, melakukan survei secara online.

Hasilnya, dari 90,8% responden bergerak di bisnis ritel dan memiliki toko di platform marketplace sebanyak 51,3% memiliki lebih dari satu toko online di marketplace yang berbeda.

Standie Nagadi, VP Marketing & Brand Mekari menjelaskan, butuh strategi yang tepat bagi UKM agar bisa bersaing baik dari kualitas service maupun promosi marketing. “Pemahaman atas setiap platform yang berbeda dan pencatatan keuangan bisnis yang akurat dan realtime menjadi kunci UKM untuk memastikan keberlanjutan bisnisnya,” ujar Standie, Sabtu (12/9).

Dalam survei itu, terdapat dua hal utama yang menjadi tantangan responden yang memiliki toko di platform marketplace. Sebanyak 42,1% menemukan kesulitan pencatatan penjualan dan pengelolaan pembukuan. Sementara 26,3% menemukan masalah dalam pengelolaan persediaan.

Jurnal sebagai aplikasi keuangan dan akuntansi berbasis cloud bisa menjadi solusi tepat bagi pemilik UKM dalam mengelola bisnisnya secara online. Digitalisasi UKM tidak bisa berhenti di eksistensi mereka di platform marketplace. Butuh supporting tools dan kemampuan menganalisa data.

Memastikan mereka mengetahui langka-langkah menjalankan bisnisnya di berbagai marketplace. “Salah satunya dengan menggunakan aplikasi akuntansi dan keuangan berbasis cloud yang mendukung pengelolaan keuangan bisnis,” tambah Standie. (mrz)