Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Waspadai Pencurian Data Pribadi di Smartphone, Ini Trik Pencegahan di OPPO Reno 4

BACA JUGA


Melindungi data pembayaran digital


Bahkan beberapa aplikasi memerlukan akses ke data pribadi lebih banyak lagi. Seringkali diabaikan pengguna dengan sukarela memberikan akses izin bisa mengambil data pribadi mereka.

Pada perangkat OPPO Reno4, pengguna tidak perlu khawatir karena ada fitur Personal Information Protection. Saat fitur ini diaktifkan, sistem akan secara otomatis menentukan beberapa aplikasi berbahaya yang mencoba membaca informasi pribadi dan memberikan informasi berupa data kosong untuk menghindari kebocoran data.

Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dengan menuju opsi [Settings] > [Privacy] > [Personal Information Protection] > alihkan ke [Smart Protection] untuk diaktifkan. Ketika sudah aktif, sistem akan terotomatis melindungi Riwayat Panggilan, Kontak, Pesan, serta Kegiatan pengguna.

Berkaitan pembayaran digital, OPPO memberikan opsi perlindungan data berupa Payment Protection. Fitur ini akan melakukan pemindaian otomatis terhadap aplikasi pembayaran dan melindunginya dari ancaman pembobolan data.

Masih terkait pembayaran digital, OPPO menyediakan fitur Secure Keyboard. Pada fitur ini, perangkat akan secara otomatis akan mengganti keyboard bawaan ke OPPO Secure keyboard ketika pengguna perlu memasukkan informasi sensitif.

OPPO Secure keyboard tidak akan merekam informasi yang dimasukkan pengguna seperti password, terkoneksi ke jaringan internet atau fitur autocomplete.

Semakin banyak aplikasi baru di  smartphone, maka semakin banyak pula informasi pribadi yang diberikan melalui aplikasi tersebut. Untuk itulah kita memerlukan perangkat smartphone yang dapat melindungi data dan privasi sepanjang waktu. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER