Minggu, 5 Mei 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkom Menggelar Digitalisasi Hingga Pelosok Indonesia

BACA JUGA




Pembangunan akses di kawasan 3T ini telah direalisasikan sejak beberapa tahun yang lalu. TelkomGroup mulai membangun infrastruktur kabel laut yang menghubungkan Sulawesi, Maluku, dan Papua. Setidaknya ada 13 pulau terluar telah terjangkau akses TelkomGroup. Sepertii Pulau Karimun, Pulau Kei, Pulau Alor, Pulau Weh, Pulau Sebatik, Pulau Liran, dan Pulau Rote. Telkom juga bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika lewat Palapa Ring, agar seluruh masyarakat di pelosok Indonesia dapat menikmati layanan telekomunikasi.

Dengan meratanya infrastruktur telekomunikasi hingga ke pelosok Indonesia, tentunya dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama UMKM. Masyarakat dapat menggunakan jaringan telekomunikasi untuk menjalankan bisnis. Sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas tidak hanya di dalam negeri, akan tetapi juga menjangkau pasar internasional, sehingga mampu meningkatkan daya saingnya.

Dunia telekomunikasi sedang mengantisipasinya dan tengah mengalami pergeseran strategis menuju dunia digital. “Salah satu langkah TelkomGroup memodernisasi infrastruktur di sejumlah wilayah, melalui program Modern Broadband City,” kata Herlan.

Modernisasi adalah melakukan upgrade jaringan yang berbasis tembaga atau copper menjadi fiber optic. Telkom sendiri telah memiliki roadmap untuk mengupgrade seluruh infrastruktur copper tersebut sampai tahun 2023.

Melalui modernisasi infrastruktur, masyarakat dapat menikmati layanan triple play dan keragaman konten dengan kualitas broadband. Sekaligus sebagai new experience pelanggan terhadap limitless bandwidth.

Sementara bagi pemerintah daerah, modernisasi ini dapat mendukung suksesnya program pemerintah terkait penyediaan broadband dan tersedianya akses pita lebar ke seluruh pelosok tanah air yang diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi. Dengana modernisasi jaringan berbagai aktivitas pemerintah kota/kabupaten ini menjadi serba digital. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER