Rabu, 8 Mei 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pandemi Covid-19 Tunjukkan Ketimpangan Pada Akses Teknologi Informasi dan Komunikasi

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Ketimpangan akses teknologi informasi dan komunikasi (digital divide) antar daerah di Indonesia mempersulit upaya peningkatan kualitas pendidikan. Para siswa dari kalangan kurang mampu maupun yang tinggal di daerah rural Indonesia seperti di Nusa Tenggara dan Papua umumnya tidak memiliki infrastruktur dan fasilitas memadai untuk mendukung kegiatan belajar dari rumah.

Tahun ini isu digital divide masih akan menjadi permasalahan yang belum terselesaikan. Pandemi memperlihatkan perlunya meningkatkan kapasitas dan kemampuan adaptasi guru dalam menggunakan teknologi untuk mengajar.

Selain itu, meskipun pemerintah mengklaim telah melakukan berbagai pelatihan Information and Communication Technologies (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada guru, sebanyak 48,45% guru mengaku masih kesulitan dalam menggunakan teknologi selama belajar dari rumah.

Penguasaan TIK tentu menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan dan perlu dijadikan prioritas untuk pengembangan kompetensi guru sekarang dan juga di masa depan. “Pandemi merupakan sesuatu yang datangnya tidak diduga dan menunjukkan hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dan diadaptasi,” jelas Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Nadia Fairuza, Selasa (2/1).

Pemerintah berupaya mengatasi permasalahan ketimpangan akses ini. Seperti mendistribusikan kuota internet gratis untuk keperluan belajar dari rumh kepada guru, dosen dan peserta didik.

Pentingnya penguasaan TIK tidak lepas dari, salah satunya, kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun , durasi PJJ yang telah berjalan selama berbulan-bulan telah dikaji oleh banyak pihak.

Banyak dari kajian tersebut juga menyatakan bahwa PJJ berdampak pada penurunan kemampuan belajar para siswa dan berkontribusi pada meningkatnya angka putus sekolah. Meskipun pemerintah sudah memberikan kebebasan bagi daerah berstatus zona kuning dan zona hijau untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan untuk meminimalisir risiko tersebut. Namun hingga saat ini belum ada kemajuan terhadap penurunan kasus Covid-19 di Indonesia. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER