Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Integrasikan Hulu ke Hilir, Warung Pintar Akuisisi Bizzy Digital

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Warung Pintar, perusahaan teknologi bidang mikro-ritel, mengumumkan akuisisi atas Bizzy Digital, platform logistik dan distribusi rantai pasok B2B (business to business) terintegrasi. Aksi korporasi ini menggabungkan dua perusahaan yang bekerja sama dengan 600 brand, melayani 230.000 peritel di 65 kota di Indonesia. Plus jaringan distribusi skala nasional.

Pasca-akuisisi, Warung Pintar memperkuat posisinya di pasar e-commerce B2B Indonesia yang baru berkembang. Dan diperkirakan tumbuh hingga menjadi tiga kali lebih besar dari pasar e-commerce B2C (business to consumer).

Pada 2020, kontribusi pendapatan industri B2B belum mencapai setengah total pendapatan e-commerce Indonesia. Sebagai perbandingan, industri B2B berkontribusi terhadap 93% pasar e-commerce India dan 72% dari e-commerce China.

Warung Pintar dan Bizzy Digital memiliki misi serupa. Yaitu mentransformasi ritel tradisional dan meningkatkan efisiensi rantai pasok di Indonesia. Namun, kedua perusahaan memilih pendekatan yang berbeda untuk mencapai misi tersebut.

Berdiri pada 2017, Warung Pintar fokus menerapkan teknologi untuk membantu menyelesaikan beragam permasalahan yang ditemui para pemilik warung. Warung adalah bagian besar dari perekonomian Indonesia karena berkontribusi atas 70% transaksi ritel nasional.

Pada akhir 2020, Warung Pintar telah melayani lebih dari 100.000 pemilik warung di 35 kota dan kabupaten. Dengan pertumbuhan pengguna mencapai 30 kali lipat. Perusahaan rintisan tersebut menggandakan fasilitas distribusi dari 5 gudang menjadi 11 gudang. Serta membantu pemilik warung untuk meningkatkan pendapatan harian 20%-34%.

PertumbuhanWarung Pintar pada masa pandemi adalah buah pendekatan prudent (hemat) perusahaan. Salah satunya dengan menghindari biaya pemasaran yang berlebihan.

Sepanjang 2020, Warung Pintar juga terus berusaha menyediakan produk terbaik untuk pengguna. Dengan menawarkan dua layanan baru dan dua program kemitraan dengan perusahaan decacorn. Langkah ini mendongkrak pendapatan perusahaan hingga 6 kali lipat.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER