Sabtu, 27 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

WhatsApp Bantu Pedagang Pasar Go Digital dengan Pasar JuWAra

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Program Pasar JuWAra yang diadakan WhatsApp dan UKM Indonesia telah melatih 1.243 pedagang dari 66 pasar tradisional. Tersebar di 25 kabupaten/kota Indonesia.

Program ini dirancang agar pedagang yang telah menerima pelatihan dapat mengajari rekan-rekan pedagang di sekitar mereka tentang cara menggunakan WhatsApp Business untuk meningkatkan penjualan mereka. “Saat ini, kita tidak harus memiliki komputer untuk berjualan secara daring. Cukup dengan aplikasi yang mudah digunakan seperti WhatsApp Business sudah bisa membantu para pedagang berkembang bahkan di tengah pandemi,” kata Dewi Meisari, Project Leader UKMIndonesia.id, Sabtu (8/5).

WhatsApp juga menggandeng influencer nasional seperti Alyssa Soebandono dan influencer lokal, mempromosikan keberadaan pedagang pasar yang kini bisa dihubungi melalui WhatsApp. Selain itu, Pasar JuWAra juga mengadakan pameran virtual di akun Instagram UKM Indonesia sejak 3 Mei 2021.

Pameran virtual ini menampilkan beberapa profil pedagang yang telah mengikuti pelatihan dan memanfaatkan WhatsApp Business. Pameran virtual dan dukungan dari para influencer ini diharapkan membantu mendatangkan pelanggan baru bagi para pedagang Pasar JuWAra.

“Kami berharap Program Pasar JuWAra kami dengan UKM Indonesia mempercepat pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi,” kata Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia.

WhatsApp meluncurkan aplikasi gratis WhatsApp Business, khusus didesain untuk membantu para pelaku UMKM pada 2018 lalu. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur seperti Balasan Cepat, Katalog, Keranjang, dan Pesan Otomatis untuk membantu pelaku UMKM memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan memudahkan transaksi mereka. Saat ini, ada lebih dari 175 juta orang berkirim pesan ke akun WhatsApp Business setiap harinya. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER