Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pertama Kali, Mesin Mencapai Hasil Lebih Baik daripada Manusia dalam Memahami Visual

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Alibaba berhasil menempati posisi pertama Papan Peringkat VQA (Visual Question Answering) global terbaru. Hasilnya lebih baik daripada kinerja manusia dalam konteks yang sama.

Hal ini pertama kalimesin mengungguli manusia dalam memahami gambar untuk menjawab pertanyaan teks, dengan algoritme Alibaba mencatat tingkat akurasi hingga 81,26% dalam menjawab pertanyaan terkait gambar. Dibandingkan kinerja manusia yang hanya mencapai 80,83% (pada bagian standar pengujian).

Tantangan yang diselenggarakan setiap tahun sejak 2015 oleh CVPR konferensi visual terkemuka di seluruh dunia, menarik para pemain industri global. Termasuk Facebook, Microsoft, dan Universitas Stanford.

Evaluasi  tersebut menyajikan gambar dan pertanyaan terkait dengan Bahasa natural. Para peserta diminta menjawab secara akurat dengan bahasa yang natural. Tahun ini, tantangan berisi lebih dari 250.000 gambar dan 1,1 juta pertanyaan.

Terobosan kecerdasan mesin dalam menjawab pertanyaan terkait gambar dapat terwujud berkat desain algoritme inovatif dari Alibaba DAMO Academy. Inisiatif penelitian dan pengembangan global Alibaba Group.

Teknologi VQA telah diterapkan secara luas di seluruh ekosistem Alibaba. Misalnya, fitur chatbot cerdas Alibaba, Alime Shop Assistant, yang digunakan oleh puluhan ribu pedagang di platform ritel Alibaba.

Si Luo, Head of Natural Language Processing (NLP), Alibaba DAMO Academy menyatakan, dengan teknologi ini, bukan berarti manusia akan digantikan robot suatu hari nanti. “Sebaliknya, kami yakin bahwa mesin yang lebih cerdas dapat digunakan untuk membantu pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Sehingga, manusia dapat berfokus pada tugas-tugas kreatif yang paling mereka kuasai,” lanjutnya. Kamis (19/8). (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER