Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Fasilitasi Penjualan Online UMKM dengan Gudang E-Commerce Ala Atur Toko

BACA JUGA




Minimnya pengetahuan tentang toko online menjadi kendala tersendiri bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis luring menjadi daring. Sementara dari sisi pemerintah, tantangan yang dihadapi salah satunya adalah pendataan UMKM. 

“Kami juga mendirikan gudang e-commerce di tingkat pemerintah daerah (pemda). Tujuannya merangkul para UMKM dari tingkat desa sampai Kabupaten/Kota membangun merek dan meningkatkan penjualan melalui digital. Juga membantu pemda dalam meningkatkan dan memantau performance UMKM di wilayahnya,” ujar CEO dan Co-FounderAtur Toko, Bagus Dewantara, Rabu (29/12).

Pria lulusan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia ini menambahkan, gudang                       e-commerce memungkinkan pelaku UMKM untuk berfokus pada produksi saja dan Atur Toko akan mengelola keseluruhan proses dan meningkatkan penjualan UMKM. 

Dari foto produk, manajemen media sosial, kebijakan harga, media pengemasan produk, hingga proses pengiriman kepada pembeli.

Teknologi Atur Toko telah terintegrasi dengan enam marketplace besar di Indonesia. Sehingga memudahkan penarikan data penjualan. 

Sistem terintegrasi memungkinkan UMKM untuk memonitor toko di berbagai platform marketplace hanya dengan satu dashboard Atur Toko. Termasuk mendapatkan data penjualan, stok produk, layanan branding, pinjaman modal, hingga chatboard.

Sepanjang tahun 2021, Atur Toko telah berhasil melakukan inisiasi dengan beberapa Pemda untuk menggagas kerja sama pendirian gudang e-commerce bagi UKM Binaan Pemda.

Di antaranya di daerah Garut, Gorontalo, Bekasi, Kalimantan Barat, dan Mojokerto. Di tahun 2022, Atur Toko menargetkan melakukan penetrasi ke 20 pemerintahan daerah.

“Kami optimistis konsep gudang e-commerce di tingkat pemda yang kami usung dapat membantu pemulihan ekonomi Indonesia di masa pandemi,” ungkap Bagus. (nau)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER