Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Akan Tambah Modal Melalui Penerbitan Saham Baru

BACA JUGA




FinTechnesia.com | XL Axiata menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Agendanya meminta persetujuan rencana penambahan modal melalui Penawaran Umum Terbatas III (PUT III) dengan memberikan HMETD.

Perseroan berencana menggunakan seluruh dana bersih dari PUT III, setelah dikurangi biaya-biaya emisi saham, akan digunakan untuk membayar utang.

Direktur & Chief Financial Officer XL Axiata, Budi Pramantika mengatakan, PUT III dapat memperkuat struktur permodalan guna mengembangkan kegiatan usaha penyelenggaraan jasa telekomunikasi dan/atau jaringan telekomunikasi dan/atau multimedia yang merupakan bagian dari kegiatan usaha utama XL Axiata.

“Serta peruntukan lainnya yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis perseroan. Sehingga akan berpengaruh positif terhadap kondisi keuangan perseroan,” kata Budi, Rabu (10/8).

Dalam melaksanakan rencana Perseroan untuk melakukan penambahan modal melalui PUT III dengan memberikan HMETD, XL Axiata berencana untuk menerbitkan saham baru dengan nilai nominal Rp 100 per saham dalam jumlah sebanyak-banyaknya 2,75 miliar saham baru.

Baca juga: XL Axiata Siap Tawarkan Obligasi dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan, Masing-Masing Senilai Rp 1,5 Triliun

HMETD dalam PUT III akan memberikan hak kepada para pemegang saham perseroan untuk membeli saham baru. Saham baru yang akan dikeluarkan akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia.

Saham baru akan memiliki hak yang sama dengan saham-saham lain perusahaan sebelum PUT III.

Perseroan memperkirakan rencana PUT III dapat memperkuat struktur permodalan guna mengembangkan kegiatan usaha penyelenggaraan jasa telekomunikasi dan.atau jaringan telekomunikasi dan/atau multimedia yang merupakan bagian dari kegiatan usahaa. Sehingga akan berpengaruh positif terhadap kondisi keuangan Perseroan.

Dalam PUT III , apabila tidak ada atau hanya sebagian dari pemegang saham yang melaksanakan HMETD yang mereka miliki, maka seluruh sisa Saham Baru yang tidak diambil bagian atau dibeli tersebut akan dibeli oleh pembeli siaga,m. Ini akan ditunjuk kemudian.

Jika pemegang saham tidak melaksanakan HMETD, persentase kepemilikan atas perseroan akan terdilusi hingga sebanyak-banyaknya 20,49%.

Perseroan berencana untuk menggunakan seluruh dana bersih yang diperoleh dari PUT III, setelah dikurangi biaya-biaya emisi saham, untuk membayar utang. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER