Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tokopedia, Kementerian PPPA dan UPRINTIS Luncurkan Modul Perempuan Maju Digital

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Tokopedia menggandeng Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dan UPRINTIS (komunitas pemberdayaan perempuan UMKM) meluncurkan Modul Perempuan Maju Digital.

Modul ini untuk meningkatkan daya saing perempuan pelaku UMKM yang ingin memulai dan mengembangkan bisnis secara online.

Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Hilmi Adrianto mengatakan, peran perempuan pelaku UMKM sangat esensial dalam perekonomian nasional.

Berdasarkan data pemerintah, dari total 65,5 juta UMKM, sebanyak 64 juta adalah usaha mikro, dan lebih dari setengahnya dijalankan perempuan.

“Perempuan menggerakkan 34% usaha menengah, 50,6% usaha kecil dan 52,9% usaha mikro,” kata Hilmi, pekan lalu.

Maka, Tokopedia mendorong kemajuan perempuan pelaku UMKM agar makin mendapat panggung dan menjadi pilihan masyarakat.

“Salah satunya dengan berkolaborasi bersama KemenPPPA RI dan meluncurkan Modul Perempuan Maju Digital,” tambah Hilmi.

Baca juga: Tokopedia Fashion Week Kembali Digelar, Dorong Brand Fashion Lokal

Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga menyampaikan, peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender merupakan salah satu agenda prioritas Presiden Joko Widodo.

Ada 64 juta usaha mikro di Indonesia, dengan lebih dari setengahnya atau 60 persennya dimiliki dan dikelola oleh perempuan.

Artinya, perempuan adalah penopang ekonomi nasional. Untuk mendorong keterlibatan lebih banyak perempuan dalam ekonomi nasional, kita butuh berkolaborasi salah satunya melalui pemanfaatan
digital,” udar Bintang.

Ia berharap, Modul Perempuan Maju Digital yang diluncurkan mampu mendukung pengentasan masalah akses digital bagi perempuan pelaku usaha di Indonesia.

“Ekonomi digital adalah masa depan dunia. Peluncuran modul ini diharapkan membantu meningkatkan keterampilan digital perempuan pelaku usaha sehingga bisa berdaya secara maksimal,” tutur Bintang.

Founder UPRINTIS Indonesia, Novita Hardini berkata, perempuan pelaku usaha menghadapi berbagai tantangan. Mulai menambah pendapatan keluarga, pelatihan kewirausahaan yang terbatas, kemandirian dalam pengambilan keputusan bisnis, pencatatan keuangan, meningkatkan skala usaha dan masih banyak lagi.

“Kolaborasi Tokopedia dan UPRINTIS lewat Modul Perempuan Maju Digital diharapkan bisa membantu perempuan wirausaha menjawab tantangan-tantangan ini,” kata Novita.

Ada berbagai topik bahasan dalam Modul Perempuan Maju Digital; hasil kerja sama Tokopedia, KemenPPPA dan UPRINTIS. Mulai dari 10 langkah awal pemberdayaan bisnis milik perempuan. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER