Kamis, 18 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

Siswa di Banten Menerima Bantuan Rp 1,5 Miliar dari Mastercard Melalui Kolaborasi dengan Grab dan BenihBaik.com

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Mastercard mengumumkan mengumpulkan Rp 1,5 miliar melalui kampanye amal bertajuk Mastercard untuk Anak Negeri. Kampanye ini melalui kerjasama dengan Grab dan BenihBaik.com.

Dana yang terkumpul untuk menyediakan perlengkapan sekolah bagi lebih dari 2.400 siswa dari 10 sekolah dasar di Banten, Indonesia. Perlengkapan sekolah tersebut akan didistribusikan melalui platform penggalangan dana, BenihBaik.com.

Selama kampanye berlangsung, lebih dari 70.000 pengguna Grab mengaktifkan voucher donasi untuk berpartisipasi. Dan hampir seperempat juta transaksi tercatat dari 8 Juli hingga 24 Agustus 2023.

Mastercard kemudian mendonasikan Rp 5.000 untuk setiap transaksi dengan menggunakan kartu debit atau kredit Mastercard oleh para pengguna Grab di aplikasi Grab. 

Dengan menyalurkan donasi di Banten, Mastercard berharap dapat berkontribusi dalam mengatasi sejumlah tantangan dalam sektor pendidikan di wilayah ini. Berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, hampir 1.400 siswa di Banten putus sekolah di tingkat sekolah dasar pada tahun ajaran 2022/2023.

Selain itu, durasi rata-rata bersekolah di Banten hanya 9,13 tahun pada 2022. Hal ini mendorong Pemerintah Indonesia menjadikan pendidikan formal sebagai prioritas utama. Komitmen Pemerintah ini semakin dipertegas dengan alokasi dana sebesar Rp 612 triliun untuk pendidikan pada 2023.

Baca juga: Mastercard dan Grab Umumkan Program Keterampilan Digital Bagi Pekerja Lepas dan UMKM

Selama lebih dari dua dekade, Indonesia telah membuat langkah signifikan dalam bidang pendidikan. Hal ini mencakup semakin banyaknya gedung sekolah, akses yang lebih baik terhadap pendidikan, peningkatan sarana dan prasarana. Termasuk dukungan multimedia, beasiswa melalui program-program seperti Indonesia Pintar, dan sejumlah inisiatif untuk pembelajaran mandiri atau merdeka belajar.

Sejalan dengan tujuan pemerintah dan dengan maksud memberikan dampak positif bagi masyarakat, Mastercard, bersama dengan Grab dan BenihBaik.com, menyediakan perlengkapan sekolah untuk mendukung anak-anak yang kurang mampu di Banten dalam perjalanan pendidikan mereka, memastikan mereka memiliki peralatan dan sumber daya yang diperlukan untuk berkembang secara akademis dan mengejar masa depan yang lebih cerah.

Roy Nugroho, Direktur Grab For Business, Grab Indonesia mengatakan, inisiatif ini selaras dengan prinsip GrabForGood. “Grab berkontribusi dalam memberdayakan lebih banyak masyarakat Indonesia dan memberikan dampak positif melalui teknologi,” kata Roy, pekan lalu.

“Kami percaya program ini memberikan harapan, kenyamanan, dan fasilitas bagi generasi muda untuk mewujudkan cita-cita mereka, sehingga kemudian pada akhirnya dapat membantu meningkatkan pendidikan di Indonesia,” ujar Andy F. Noya, CEO & Founder BenihBaik.com

Aileen Goh, Presiden Direktur PT Mastercard Indonesia mengatakan, “astercard berkomitmen pada filosofi Doing Well by Doing Good, serta pada dampak positif dalam membantu komunitas lokal untuk membentuk dunia yang lebih adil dan sejahtera.

Pendidikan adalah fondasi bagi terciptanya ekonomi yang inklusif dan lebih kuat. “Melalui kampanye ‘Mastercard untuk Anak Negeri’, kami berharap untuk memberikan kesempatan yang sama kepada pada pelajar untuk mengembangkan potensi mereka sepenuhnya,” kata Aileen.

Sebelumnya Mastercard bekerja sama dengan YCAB Foundation, Infradigital Foundation, Per Scholas, Mercy Corps, dan Global Cyber Alliance dalam program Mastercard Academy 2.0, yang diluncurkan pada 2019.

Hingga saat ini, program tersebut telah membekali lebih dari 280.000 anak muda Indonesia, profesional menengah, dan pelaku usaha kecil di 37 provinsi dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan di era ekonomi digital. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER