Selasa, 30 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Mewaspadai Risiko Sektor Finansial di Tengah Revolusi Digital

BACA JUGA




Berdasarkan telemetri Kaspersky, phishing finansial masih merajalela. Solusi Kaspersky memblokir lebih dari 40 juta email penipuan terkait keuangan hanya dari bulan Januari hingga Mei tahun ini.

Kelompok kejahatan siber berdasarkan penelitian Kaspersky adalah kelompok Lazarus. Lazarus adalah grup kejahatan dunia maya yang juga bertanggung jawab atas serangan Sony Pictures tahun 2014 dan serangan ransomware Wannacry pada tahun 2017.

Tim Riset dan Pengembangan Kaspersky yang disebutbsebagai GreAT (Global Research and Analysis Team) telah memantau Lazarus bertahun-tahun. Melalui kecerdasan ini, Kaspersky mendeteksi kemungkinan taktik, teknik, dan prosedur (TTP) yang mereka gunakan seandainya mencoba masuk ke sistem perusahaan atau organisasi. Beginilah pentingnya intelijen ancaman.

Kaspersky juga memiliki Financial Threat Intelligence Reporting yang khusus dibuat untuk sektor keuangan. Fokus pada ancaman dan alat pelaku kejahatan siber untuk menargetkan bank, perusahaan yang melayani pemrosesan pembayaran, ATM, dan sistem POS.

Intelijen ancaman, hanyalah salah satu bagian dari pendekatan proaktif terhadap keamanan siber. Pelatihan yang tepat dan efektif untuk seluruh karyawan harus dilakukan secara rutin.

Kesadaran penting karena serangan siber terbesar biasanya dimulai dengan kesalahan sederhana manusia. “Kita berada di tengah revolusi digital dan penggunaan pembayaran online serta dompet elektronik tetap ada dan bahkan meningkat,” ujar Yeo Siang Tiong. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER