Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tokopedia Berikan Kemudahan Cara Bayar PBB dan E-Samsat Online

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Masyarakat kini bisa dengan mudah membayar berbagai jenis pajakt lewat Loket Pajak Tokopedia.

“Kami bersinergi dengan pemerintah pusat, daerah dan mitra strategis lain demi memungkinkan masyarakat membayar berbagai jenis paja. Termasuk kepada masyarakat di 260 kota/kabupaten untuk membayar PBB online–dengan lebih dari 50 metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia,” jelas Head of Sales and Operation Development Tokopedia, Jonathan Tricahyo, pekan lalu.

Loket Pajak Tokopedia juga memungkinkan masyarakat mengakses fitur E-Samsat untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan biaya penerbitan STNK.

Untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) DKI Jakarta, berdasarkan Peraturan Gubernur No 5 tahun 2023, Objek Pajak dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di atas Rp 2 miliar mendapatkan tambahan pembebasan sebesar 5%.

Baca juga: Transaksi Pembayaran Pajak Melalui Tokopedia Meningkat

Masyarakat DKI Jakarta mendapatkan keringanan pembayaran untuk periode hingga Juni 2023 sebesar 10% (tahun pajak 2023) dan 20% sekaligus penghapusan sanksi administrasi (tahun pajak 2013-2022).

Berbagai keringanan itu sudah diimplementasikan ke dalam sistem pembayaran PBB lewat Tokopedia. Jadi, ketika masyarakat membayar PBB melalui platform Tokopedia, mereka akan secara langsung bisa menikmati keringanan yang diberikan pemerintah tersebut; nominal tagihan akan otomatis terpotong.

“Terlebih lagi, Tokopedia memberikan cashback kepada pengguna yang
membayar PBBnya melalui Tokopedia,” jelas Jonathan.

Tokopedia mencatat nilai transaksi melalui fitur PBB online meningkat hampir 50% pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER