Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Peningkatan Inovasi Teknologi Dapat Menyelamatkan Planet Bumi

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Teknologi sangat penting dalam melawan perubahan iklim dan berbagai dampaknya. Seperti menipisnya sumber daya, polusi, dan degradasi ekologi. Manusia harus menggunakan teknologi secara berkelanjutan dan menerapkannya secara lebih efektif.

Laporan East Ventures Sustainability Report 2023 mengamati bahwa dampak perubahan iklim di Asia Tenggara mendorong urgensi mengatasi masalah keberlanjutan di sub sektor energi, pangan & pertanian, perkotaan & mobilitas, pengelolaan limbah & ekonomi sirkular dan ekosistem karbon.

Memenuhi kebutuhan investasi solusi ramah lingkungan di Asia Tenggara, yang mencapai sekitar US$ 3 triliun pada tahun 2030, perlu lebih banyak lagi inovasi teknologi sebagai katalis.

Mengintegrasikan teknologi environmental, social and governance (ESG)) dan iklim bukan sebuah proses peralihan sederhana, melainkan sebuah perjalanan yang melibatkan konsumen, masyarakat, dan bisnis.

“Di East Ventures, dampak dan ESG selalu tertanam dalam DNA kami sejak didirikan pada tahun 2009. Kami memprioritaskan manajemen risiko ESG dan menganggap dampak sama pentingnya dengan keuntungan finansial,” kata Avina Sugiarto, Partner East Ventures, belum lama ini.

Masih ada hambatan yang menghalangi perusahaan mengintegrasikan ESG ke dalam bisnis mereka. Banyak perusahaan yang terlalu fokus pada tujuan jangka pendek dan angka-angka kuartalan, sehingga mengabaikan aspek lingkungan jangka panjang.

Baca juga: PLTS Atap, Andalan Target Pemerintah di Tahun 2025

“Ada pemahaman yang salah. Keberlanjutan hanya sekadar hal yang baik atau menjadi kerugian kompetitif. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa perusahaan yang unggul dalam hal ESG juga lebih sukses secara ekonomi,” kata Ute Sudmann, Senior Environmental and Social Expert & Vice President Sustainability DEG.

Sama seperti East Ventures, DEG mendorong perusahaan portofolio mereka untuk
mengintegrasikan pertimbangan ESG sejak awal. Mengembangkan struktur dan sistem manajemen yang profesional akan membantu bisnis menjadi lebih profesional dan menguntungkan.

Xurya telah menyaksikan secara langsung hambatan yang dihadapi oleh startup dalam mengintegrasikan ESG dalam praktik bisnis mereka. Xurya, sebuah perusahaan energi terbarukan yang didukung East Ventures, membantu perusahaan untuk mengurangi emisi mereka dengan pemasangan panel surya di atap bangunan komersial dan industri

Keberlanjutan adalah kerja sama tim, dan skalabilitas sangat penting. Teknologi, kolaborasi, dan berbagi pengetahuan adalah kunci untuk meningkatkan keberlanjutan.

Ketika suatu perusahaan melakukan pengoptimalan operasional melalui inovasi teknologi, penggunaan energi dan jejak transportasi mereka berkurang, sehingga menghasilkan manfaat finansial dan lingkungan,” terang Leah Kaplan, APAC Solution Lead, Sustainability and Geospatial Google Cloud. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER