Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Aplikasi Kaspersky Who Calls, Lindungi Pengguna Indonesia dari Spam dan Penipuan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Kaspersky mengumumkan peluncuran Kaspersky Who Calls di Indonesia. Ini adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna melawan spam dan penipuan seluler. Programnya akan membantu pemilik ponsel cerdas mendeteksi penelepon dari nomor tidak dikenal – bank, layanan pengiriman, atau entitas lain, apakah itu berasal dari sumber yang sah atau tidak.

Dua tahun terakhir, penipuan seluler menjadi salah satu jenis kejahatan paling populer di Indonesia. Setengah atau 49,95% pengguna menghadapi spam telepon dari Desember 2022 – Januari 2023. Selanjutnya, 7,4% menerima telepon dari nomor yang mereka anggap sebagai penipuan setidaknya sekali.

Kaspersky Who Calls menampilkan algoritme pembelajaran mesin yang membantu aplikasi mengidentifikasi spammer dan scammer potensial. Selain itu, pengguna dapat menambahkan sendiri nomor yang mencurigakan ke basis data spammer.

Mengidentifikasi panggilan tak dikenal, aplikasi diaktifkan tanpa memerlukan informasi sensitif seperti nomor telepon pengguna. Selain itu, untuk menggunakan Kaspersky Who Call, pengguna tidak perlu mendaftarkan nomor telepon, atau data
sensitif lain.

Baca juga: Studi Kaspersky Menyingkap, Risiko Penggunaan AI Untuk Kencan Online

“Kaspersky Who Calls memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap panggilan tidak dikenal dan mungkin berbahaya. Dengan penawaran produk baru ini, kami berharap membantu pengguna agar tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga, kolega dan orang tercinta secara aman,” kata Adrian Hia, Managing Director Asia Pasifik Kaspersky, dalam rilis ke FinTechnesia belum lama ini.

Kaspersky Who Calls tersedia dalam tiga versi: versi gratis, berlangganan bulanan, atau berlangganan tahunan dengan masa percobaan gratis selama sepekan. Fungsionalitas dasar aplikasi – deteksi panggilan penipuan dan spam – tersedia dalam versi gratis.

Versi berbayar memiliki lebih banyak fitur. Misalnya, memungkinkan memblokir nomor yang tidak diinginkan berdasarkan kategori. Untuk pemilik perangkat iOS, detail nama dan kategori organisasi juga tersedia. Selain itu pengguna tidak akan melihat iklan di dalam aplikasi.

Untuk pengguna Indonesia, aplikasi ini dapat diunduh dari App Store dan Google Play dengan biaya berlangganan bulanan adalah sebesar Rp 35.000. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER