Penggunaan Aplikasi Komunikasi Sosial dan F&B di Meningkat di Masa Liburan 2020

19

FinTechnesia.com | Saat masa lockdown dan penambahan kasus COVID-19, musim liburan tahun 2020 berbeda dibanding tahun sebelumnya. Data platform pemasaran aplikasi Adjust menunjukkan, pengguna sangat aktif menggunakan telepon seluler di masa liburan agar dapat tetap terhubung dan mendapatkan hiburan.

Karena acara berkumpul dilarang, penelitian Adjust menunjukkan, masyarakat tetap berhubungan dengan teman dan keluarga melalui aplikasi komunikasi sosial. Jumlah instalasi di Hari Natal meningkat sebesar 25% dibandingkan rata-rata di bulan Desember.

Di Indonesia dan Vietnam, frekuensi pengguna berkirim pesan dan melakukan panggilan suara meningkat selama masa liburan. Jumlah instalasi aplikasi komunikasi sosial di hari Natal meningkat sekitar 7% di atas rata-rata bulan Desember di Indonesia dan meningkat sekitar 11% di Vietnam. Pada tanggal 31 Desember, jumlah instalasi meningkat 11% di Indonesia dan naik17% di Vietnam.

Adjust juga menunjukkan, pengguna tetap berupaya untuk menikmati musim liburan walaupun ada banyak pembatasan. Tren pada tanggal 24 dan 25 Desember menunjukkan masyarakat banyak memasak dan menyantapnya sembari mendengarkan playlist.

“Pandemi dan pembatasan di tahun 2020 signifikan mengubah gaya hidup pengguna dan cara mereka menggunakan aplikasi. Hal serupa juga terjadi di masa liburan,” kata Paul H. Muller, Co Founder dan CTO Adjust, Selasa (26/1)