Rabu, 8 Mei 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Menghadirkan Jaringan Data Andal Hingga ke Pelosok

BACA JUGA




Total base transceiver station (BTS) yang kini menopang layanan kepada seluruh pelanggan mencapai lebih dari 133.000. Dan lebih dari 43.000 di antaranya merupakan BTS 4G/LTE. Jumlah BTS ini juga terus meningkat setiap tahun seiring pelaksanaan program peningkatan kualitas jaringan dan perluasan daerah layanan.

Sebagian dari BTS tersebut berada di lokasi yang terpencil dan bahkan sangat terpencil di area perbatasan dengan negara lain atau wilayah terluar Indonesia. Bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, XL Axiata membangun BTS yang melayani daerah tertinggal melalui skema universal service obligation (USO). Hingga tahun ini, sudah terbangun sebanyak lebih dari 350 titik BTS USO tersebut.

Layanan telekomunikasi dan data, XL Axiata memiliki peran yang strategis dalam mendukung transformasi masyarakat Indonesia memasuki era digital. Selain membangun jaringan data, XL Axiata jmengadopsi berbagai teknologi jaringan terbaru dan tercanggih yang akan menambah manfaat keberadaan jaringan sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat.

Salah satu fokus XL Axiata saat ini adalah mempersiapkan layanan 5G. Dengan 5G, maka akan semakin besar manfaat teknologi digital yang bisa ditawarkan kepada masyarat Indonesia, yang sekaligus juga akan bisa mendukung program-program pembangunan.

Salah satu persiapan yang dilakukan XL Axiata menuju 5G adalah fiberisasi jaringan. Fiberisasi ini juga sekaligus mendukung peningkatan kualitas jaringan data di setiap area karena salah satu manfaat dari proses ini adalah kapasitas jaringan transport menjadi lebih besar.

Melalui beberapa kali event Digirace di beberapa kota, fiberisasi mampu meningkatkan kualitas jaringan untuk menopang sejumlah layanan data dengan kapasitas besar. Antara lain live video streaming. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER