Jumat, 3 Mei 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kala Pandemi, Sebanyak 1,6 Juta Serangan Phising Mengintai UKM di Asia Tenggara Selama Semester I-2020

BACA JUGA




Para pelaku kejahatan siber memanfaatkan kekacauan saat ini untuk melakukan serangan dengan metode memanipulasi psikologis seperti email phishing. “Dengan memasukkan topik hangat dan frasa terkait pandemi COVID-19 dalam pesan mereka, pengguna yang tidak waspada akan mengklik tautan yangterinfeksi atau berisi lampiran berbahaya menjadi meningkat pesat,” terang General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky, Yeo Siang Tiong, pekan lalu.

Kaspersky menawarkan pelatihan kesadaran keamanan otomatis (Automated Security Awareness Training) gratis selama tiga bulan. Tujuannya membantu UKM menerapkan budaya keamanan siber perusahaan mereka. Program ini tersedia hingga akhir September 2020 dan dapat bekerja hingga 500 pengguna.

Pakar Kaspersky juga memberikan beberapa tips berikut agar tidak terperangkap oleh pelaku kejahatan siber melalui phishing.
● Mengedukasi karyawan tentang dasar-dasar keamanan siber. Misalnya, tidak membuka atau menyimpan file dari email atau situs web yang tidak dikenal
● Ingatkan staf secara rutin tentang cara menangani data sensitif. Misalnya, menyimpan di layanan cloud tepercaya.
● Menerapkan penggunaan perangkat lunak yang sah yang diunduh dari sumber resmi.
● Membuat cadangan data penting serta memperbarui peralatan dan aplikasi TI secara teratur.
● Konfigurasikan enkripsi Wi-Fi.
● Gunakan VPN ketika akan menyambungkan ke jaringan Wi-Fi yang bukan milik Anda.
● Gunakan layanan korporat untuk email, perpesanan, dan semua pekerjaan lain
● Lindungi perangkat dengan solusi antivirus. Sangat penting bagi Anda untuk menginstal solusi keamanan yang andal di semua perangkat yang menangani data perusahaan. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER