Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Solusi Urban Farming, XL Axiata Hadirkan XL Smart Hydroponics

BACA JUGA


Bisa meningkatkan produktivitas


Dengan solusi ini petani bisa memantau secara real-time dan optimalisasi secara otomatis atas parameter-parameter yang mempengaruhi kondisi tanaman. Teknologi ini akan mendemokratisasi teknologi dan membantu urban farmer untuk memiliki sistem hidroponik yang baik dalam rangka mewujudkan swasembada pangan.

XL Smart Hydroponics ini telah diimplementasikan tahun ini oleh Kebun Gizi Hidroponik Baitul Maal Hidayatullah (BMH) di Depok, Jawa Barat. Solusi ini mampu meningkatkan produktivitas rata-rata lebih dari dua kali lipat.

Sebelumnya, tanpa menggunakan alat ini, pengukuran nutrisi untuk tanaman dilakukan secara manual. Sehingga terjadi ketidakakuratan pengukuran dan keterlambatan penambahan nutrisi. Hal ini menyebabkan pertumbuhan tanaman kurang konsisten dan mempengaruhi produktivitas.

Fungsi utama XL Smart Hydroponics adalah pemantauan kondisi udara, air, dan pengontrolan nutrisi air secara otomatis. Kondisi udara di sekitar tanaman akan dimonitor untuk menjaga kondisi ideal untuk tanaman.

Tangki air yang berisi nutrisi dipasang beberapa sensor yang akan mengukur berbagai parameter terkait. Data-data ini akan diolah dalam sistem dan pompa sebagai aktuator yang akan menginjeksi nutrisi secara otomatis sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Pengembangan machine learning, sensor, dan aktuator lainnya dapat menambah keunggulan serta mempertajam hasil analisis dan prediksi.  (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER